Jenis
pasar, latar belakang monopoli, etika dalam pasar kompetitif
Diajukan untuk
memenuhi tugas mata kuliah etika bisnis
Disusun oleh:
Aris
Suyanto (11213368)
4EA08
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
memberikan rahmat dan kasih-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan
makalah ini dengan judul “Jenis pasar, latar belakang monopoli, etika
dalam pasar kompetitif”.
Penulisan
makalah ini diajukan guna melengkapi salah satu tugas mata kuliah etika bisnis
pada jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Penulisan makalah ini tidak dapat
terselesaikan tanpa bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena
itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang
sebesar – besarnya kepada setiap pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah
ini.
Penulis
menyadari dalam Penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan oleh penulis. Semoga
penulisan makalah ini bermanfaat bagi penulis sendiri serta pembaca pada
umumnya.
Jakarta, Oktober 2016
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………..
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….
PENDAHULUAN ………………………………………………………………….
Latar Belakang ………………………………………………………………….
Rumusan Masalah ………………………………………………………………
Tujuan Makalah …………………………………………………………………
PEMBAHASAN ……………………………………………………………………
PENUTUPAN ………………………………………………………………………
Kesimpulan ……………………………………………………………………..
Daftar Pustaka …………………………………………………………………..
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….
PENDAHULUAN ………………………………………………………………….
Latar Belakang ………………………………………………………………….
Rumusan Masalah ………………………………………………………………
Tujuan Makalah …………………………………………………………………
PEMBAHASAN ……………………………………………………………………
PENUTUPAN ………………………………………………………………………
Kesimpulan ……………………………………………………………………..
Daftar Pustaka …………………………………………………………………..
PENDAHULUAN
• LATAR BELAKANG
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
• RUMUSAN MASALAH
1. Apakah Pengertian persaingan sempurna, monopoli dan oligopoli?
2.
Apakah Monopoli
dan dimensi etika bisnis?
3. Apakah Etika di dalam
pasar kompetitif?
4. Apakah Kompetisi pada
pasar ekonomi globa?
• TUJUAN MAKALAH
Dalam tujuan makalah yang di buat supaya lebih paham dan menguasai teori terkait etika bisnis di pasar dan persaingan.
Dalam tujuan makalah yang di buat supaya lebih paham dan menguasai teori terkait etika bisnis di pasar dan persaingan.
•PEMBAHASAN
-Pengertian
persaingan sempurna, monopoli dan oligopoli
- Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian pasar persaingan sempurna
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana jumlah
pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas.
Pasar persaingan sempurna memiliki
ciri-ciri :
– Jumlah penjual dan pembeli yang
banyak
– Produk yang di perdagangkan sama
atau bisa di bilang homogeny
– Pemerintah tidak ikut campur
tangan dalam proses pembentukan harga.
- Pasar Persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna
adalah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana
salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi.
Pasar persaingan tidak sempurna
terdiri atas :
- Pasar monopoli
- Pasar oligopoli
- Pasar persaingan monopolistik.
- Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk
interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu
penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Pasar monopoli memiliki ciri-ciri:
– hanya ada satu produsen yang
menguasai penawaran
– tidak ada barang
substitusi/pengganti yang mirip
– produsen memiliki kekuatan
menentukan harga
– tidak ada pengusaha lain yang bisa
memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan
- Pasar oligopoly
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk
interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai seluruh permintaan pasar
Oligopoli memiliki ciri-ciri:
– Terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai pasar.
– Barang yang diperjual-belikan
dapat homogen dan dapat pula berbeda corak
– Terdapat hambatan masuk yang cukup
kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar
masuk ke dalam pasar
- Pasar persaingan monopolistik.
Pasar monopolistik adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah
besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan
pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur
persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
-Monopoli dan Dimensi Etika Bisnis
Dari
sisi etika bisnis, pasar monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai
nilai-nilai moral karena pasar monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai
ketiga nilai keadilan kapitalis, efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai
hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.
-Etika di dalam Pasar Kompetitif
(Pasar Persaingan Sempurna)
Pasar
persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan
memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
Pada pasar persaingan sempurna terdapat persaingan yang ketat karena setiap
penjual dalam satu wilayah menjual barang dagangannya yang sifatnya homogen.
Harga pada pasar persaingan sempurna relatif sama dengan para pesaing usaha
lainnya. Konsumen tentu akan memilih produsen yang dinilai mampu memberikan kepuasan.
Adapun hal yang menjadi faktor kepuasan itu adalah tingkat pelayanan dan
fasilitas-fasilitas penunjang.
Sifat-sifat pasar persaingan
sempurna :
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
- Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
- Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama
lain
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Posisi tawar konsumen kuat
- Penjual bersifat pengambil harga
- Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan
penawaran
-Kompetisi pada Pasar Ekonomi Global
Pasar
global merupakan pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha.
Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa
faktor yaitu adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk
berkualitas dengan harga murah, misalnya China dan Taiwan.
Kompetisi global adalah bertuk
persaingan yang mengglobal, yang melibatkan beberapa Negara. Dalam persaingan
itu, maka dibutuhkan trik dan strategi serta teknologi untuk bisa bersaing
dengan Negara-negara lainnya. Disamping itu kekuatan modal dan stabilitas
nasional memberikan pengaruh yang tinggi dalam persaingan itu. Adanya kompetisi
global, memberikan dorongan pada usaha-usaha di Indonesia untuk tetap eksis di
tengah persaingan dunia. Faktor-faktor yang sebenarnya dapat menjadi daya, atau
kemampuan, bagi Indonesia untuk bersaing dalam kompetisi pasar global, antara
lain faktor sumber daya manusia dan faktor produktivitas dan efisiensi.
Dari segi makro, dalam menghadapi
tantangan globalisasi perusahaan atau pelaku bisinis, pemerintah dan akademisi
perlu mengembangkan tenaga kerja nasional melalui program-program terpadu dan
nyata seperti misalnya penyusunan kurikulum pendidikan yang mengacu pada dunia
usaha, dan pemberian pelatihan-pelatihan praktis. Kendati, tugas cukup berat,
kita harus optimis dan segera menentukan dan menjalankan strategi yang tepat
dalam meningkatkan mutu SDM/tenaga kerja ditingkat nasional kita agar kita
tidak tertinggal jauh dalam percaturan bisnis dunia.
https://selviyanapratami.wordpress.com/2016/02/02/jenis-pasar-latar-belakang-monopoli-etika-dalam-pasar-kompetitif/ www.wikipedia.com
https://selviyanapratami.wordpress.com
Tidak ada komentar :
Posting Komentar