Cara Membuat Link Bergoyang Di Blog

Minggu, 12 April 2015

Wawasan Nusantara Tentang Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Tantangan Globalisasi di Dalam Masyarakat Indonesia
Disusun Oleh :
Aris Suyanto
Npm11213368
Kelas 2EA08

FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA


Kata Pengantar


Puji dan syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Makalah ini penulis buat untuk melengkapi tugas mata kuliah “Pendidikan Kewarganegaraan”. Dalam makalah ini penulis membahas mengenai “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Tantangan Globalisasi Di dalam Masyarakat Indonesia“. Penulis telah berusaha menyelesaikan makalah ini semaksimal mungkin namun masih banyak terdapat kekurangan. Dengan makalah ini diharapkan pembaca dapat lebih memahami mengenai hak dan kewajiban warga negara dalam membela negara. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.





Jakarta ,10 April 2015




DAFTAR ISI
                                                                                                                                                                                                
Bab I    Pendahuluan  
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Bab II   Pembahasan
Sejarah Teknologi Informasi
Peranan Teknologi Informasi
Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi
Tantangan globalisasi di Masyarakat
Bab III  Penutupan
Kesimpulan
Daftar Pustaka    


BAB I
Pendahuluan

Latar Belakang
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan terjadinya globalisasi. Secara umum globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi. Secara umum globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi.
Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah teknologi informasi?
2.      Bagaimana peranan teknologi informasi?
3.      Apa dampak positif dan negatif perkembangan teknologi?
4.      Bagaimana tantangan globalisasi terhadap masyarakat?
Tujuan Masalah 
1.      Untuk mengetahui sejarah teknologi informasi.
2.      Untuk mengetahui peranan teknologi informasi.
3.      Untuk mengetahui dampak positif dan negatif perkembangan teknologi
4.      Untuk mengetahui tantangan globalisasi terhadap masyarakat


BAB II
Pembahasan

Sejarah Teknologi Informasi
Tahun 1455
Johann Guntenberg pertama kalinya menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf yang terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
Tahun 1830, Augusta Lady Byron pertama kalinya menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage. Untuk dapat merealisasikan ini, mereka menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, mesin ini muncul 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu untuk dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dihalangi oleh jarak dan waktu.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar besar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Pada zaman dahulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
Tahun 1876
Pada zaman ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.
Tahun 1877
1.      Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan perangkat telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
2.      Edward Maybridge menemukan Fotografi dengan kecepatan tinggi.
Tahun 1899
Menggunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada zaman ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital.
Tahun 1923
Zvorkyn pada zaman ini menciptakan tabung TV yang pertama.
Tahun 1940
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Pada zaman ini penggunaan hypertext telah berkembang seiring dengan perkembangan desain website.
Tahun 1946
Pada zaman ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I mulai dikembangkan walaupun belum begitu banyak pengguna tetapi teknologi komputer sudah digunakan pada instansi-instansi tertentu.
Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
Tahun 1957
1.      Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini dapat mengembangkan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.
2.      USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang pertahanan atau militer.
Tahun 1972
Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan sebuah program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks. E-mail banyak disebut sebagai surat elektronik.
Tahun 1973-1990
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan istilah TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya: DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway.
Tahun 1991- Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC dalam rangka untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia. Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.
Peranan Teknologi Informasi
 Bidang pendidikan (e-education)
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan mahasiswanya.
Dalam Bidang Pemerintahan (e-government).
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan,seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagaiworld wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).
Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi
Dampak Positif Teknologi Informasi :
a. Dalam bidang pendidikan
·         Dapat mencari informasi-informasi pendidikan melalui internet
·         Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman
·         Munculnya media elektronik sebagai penunjang pembelajaran
·         Menjadikan metode-metode baru dalam kegiatan pembelajaran,sehingga tidak merasa jenuh
·         Efisiensi waktu.Karena tugas dapat di kirimkan melalui via online
b. Dalam bidang informasi dan komunikasi
·         Dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang sangat jauh dari kita melalui telpon/handphone
·         Mendapatkan informasi lengkap mengenai keadaan seisi bumi melaui internet
·         Memudahkan dalam pelayanan perbankan
c. Dalam bidang sosial
·         Kompetisi yang tajam sehingga mendorong generasi muda yang berwawasan luas
·         Menumbuhkan rasa percaya diri
Dampak negatif Teknologi Informasi :
a. Dalam bidang pendidikan
·         Mengendorkan keinginan belajar anak.Dengan adanya game online,fb,twitter dll.
·         Disalahgunakan pemakaiannya untuk melihat situs-situs yang ditujukan untuk orang dewasa
·         Kemerosotan mental remaja
b. Dalam bidang informasi dan komunikasi
·         Oknum-oknum yang memanfaatkan situs seperti fb,sebagai media perkenalan yang didasari modus penculikan
·         Merajalelanya aksi penipuan melalui situs tertentu
c. Dalam bidang sosial
·         Mengikuti gaya hidup luar negeri.
Tantangan globalisasi di Masyarakat
·         Guncangan Budaya (Cultural Shock)
Yang dimaksud dengan guncangan budaya atau cultural shock adalah ketidaksesuaian unsur – unsur yang saling berbeda sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan sosial yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan. Kadang – kadang ada unsur yang berubaj, sementara ada unsur lain yang tidak berubah atau tidak dapat menyesuaikan diri sehingga fungsinya terganggu. Keadaan demikian ini  dapat menyebabkan timbulnya suatu fungsi keadaan yang tidak seimbang dan tidak serasi dalam kehidupan.
·         Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag)
        Ogburn menyatakan bahwa ketertinggalan kebudayaan adalah pertumbuhan atau perubahan unsur kebudayaan yang mengalami perubahan tidak sama cepatnya, Ia berpendapat bahwa perubahan pada kebudayaan material cenderung lebih cepat dibandingkan dengan kebudayaan yang immaterial. Ketidakseimbangan perubahan antara kebudayaan material dan kebudayaan immaterial inilah yang disebut ketertinggalan kebudayaan. Apabila ketidak seimbangan dapat segera dipulihkan kembali maka keadaan itu dinamakan sebagai proses penyesuaian (adjusment). Kalau tidak dapat menyesuaikan diri disebut dengan maladjusment. Selain guncangan budaya, masih ada dampak yang lain, yaitu sebagai berikut.
1.      Rasa gotong royong menipis
2.      Alkoholisme, bagi bangsa Indonesia yang hidup di alam tropis sebenarnya tidak terlalu membutuhkan minum – minuman yang mengandung alkohol.
3.      Bergesernya nilai dan norma bangsa Indonesia.
4.      Pengamalan agama terancam karena masuknya paham liberalisme dan komunisme merugikan jiwa religius bangsa Indonesia
5.      Hubungan kekeluargan menurun karena disibukkan pekerjaandan rekreasi ke tempat – tempat hiburan maupun wisata ke daerah atau negara lain.
6.      Lunturnya pemakaian dalam negeri.
7.      Kesenian tradisional kurang diminati golongan muda
8.      Menurunkan nilai dan norma sopan santun terhadap orang yang lebih tua dan kaum ibu karena kepentingan pribadi.


BAB III
Penutup

Kesimpulan
Teknologi itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalamkesengsaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif) oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.




DAFTAR PUSTAKA 

wikipedia


Tidak ada komentar :

Posting Komentar