Cara Membuat Link Bergoyang Di Blog

Jumat, 06 September 2013

Cerita Untuk "SOLO" (GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU)

TETESAN AIR TERJUN GROJOGAN SEWU
Aris Suyanto-d’traveler

Air terjun seribu atau identik disebut Grojogan Sewu merupakan suatu surga  wisata alam kebanggaan kota Surakarta(solo). berjarak 37 km di sebelah timur kota Solo/Surakarta. Bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1-1.5jam. Air terjun yang memiliki ketinggian 81 meter ini terletak di dalam sebuah kawasan hutan lindung seluas 20 ha dan merupakan  air terjun tertinggi di jawa tengah yang sangat indah dan eksotik. Udara dingin khas pegunungan dan kabut dari puncak gunung yang menyelimuti memberikan aura keindahan tersendiri.

Tawangmangu berada pada arel pegunungan yang subur berada di sisi barat lereng Gunung Lawu atau Gunung Sewu yang dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Tawangmangu berada di ketinggian 1200 meter dpl.  Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju keTelaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.


Untuk menuju lokasi air terjun kita harus menuruni anak tangga yang tersusun rapi yang berjumlah 1.250 buah. Selama perjalanan menuruni anak tangga kita bisa menikmati pemandangan khas hutan pinus untuk mengusir rasa lelah. Dari kejauhan suara gemuruh air yang jatuh dari atas terdengar jelas.



Setelah lelah melewati ribuan anak tangga, pemandangan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini menghampar di depan mata. Bila ingin melihat air terjun lebih dekat, kita harus melewati bebatuan tajam dan besar.

Hutan Lindung dan Grojogan Sewu adalah kerajaan kera. Banyak kera liar berkeliaran di pepohonan hutan lindung Tawangmangu. Tak jarang kera-kera itu berbuat jahil kepada pengunjung dengan merebuat makanan,minuman,dan barang pengunjung.


Jika di penanjakan gunung semeru ada nama mitos Bukit Cinta,maka di grojogan sewu juga mempunyai mitos cinta ,pasalnya barang siapa yang mengajak pasangannya ke Grojogan Sewu ,cepat atau lambat akan mengetahui berjodoh atau tidak.

Di depan air terjun grojogan sewu terdapat sebuah jembatan yang disebut "kretek pegat". mitosnya bahwa jembatan tersebut sering mengakibatkan pegatan atau perceraian. Meskipun banyak beribu mitos yang beredar,grojogan sewu merupakan suatu kekayaan wisata alam yang di miliki jawa tengah,khususnya Indonesia.


Itulah sedikit pesona keindahan alam khas Indonesia yang patut kita jaga dan perkenalkan ke mancanegara.indonesia bukan hanya Negara kaya akan ragam suku bangsanya namun juga kaya akan pesona keindahan wisatanya.

Posted By @arisssuyanto

Tidak ada komentar :

Posting Komentar